Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia


Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia - Protein merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi manusia. Tanpa protein, tubuh tidak akan bisa melakukan kerja sebagaimana mestinya. Contoh kecilnya, tanpa protein maka tubuh kita tidak akan berkembang secara sempurna karena protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. 


Secara kimia, protein terbentuk melalui reaksi kondensasi yang merupakan gabungan dari berbagai macam asam amino yang ada di dalam tubuh. Reaksi kondensasi membentuk asam amino dari senyawa sederhana  menjadi protein yang merupakan senyawa kompleks. Sedangkan menurut ilmu biologi, protein terbentuk melalui proses sintesa protein yang terjadi di dalam sel, tepatnya di organel ribosom. DNA membentuk rantai anti sense yang kemudian diubah menjadi ARN d. Proses ini merupakan urutan yang panjang hingga terbentuknya satu molekul protein.

Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia KLU IC
Setelah mengetahui bagaimana protein terbentuk, saya akan membahas tentang Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia. Sebenarnya fungsi utama protein adalah membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, regulasi proses tubuh dan pembentukan enzim dan hormon. Protein membantu dalam pembentukan antibodi yang memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi. Protein berfungsi sebagai pemasok energi utama. Ada jenis khas protein, masing-masing melakukan fungsi yang unik dalam tubuh. Protein membentuk bagian utama dari tubuh kita, di samping air.

Komposisi protein dalam tubuh adalah seperti otot yang berisi sekitar 1 / 3 protein, tulang tentang bagian 1 / 5 dan kulit terdiri dari 1 / 10 bagian. Bagian lainnya adalah protein dalam jaringan tubuh dan cairan lainnya. Bahkan darah manusia pun mengandung banyak protein. Selain itu, molekul hemoglobin tidak lain adalah protein.
Banyak sekali fungsi penting protein bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga agar produksi protein dalam tubuh kita tidak terganggu. Beberapa caranya yaitu dengan berolahraga secara teratur karena olahraga dapat melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, cukupi juga pasokan nutrisi kita melalui makanan yang sehat dan bergizi. 
Mungkin sekian ulasan KLU IC tentang Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia kali ini. Mudah-mudahan dengan menambah pengetahuan anda tentang protein, dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Terima kasih. Baca juga:  Cara Merawat Wajah Agar Putih dan Bersih

Title Post: Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Fandi Adhitya
Terimakasih sudah berkunjung di KLU IC, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kluic.blogspot.com/2013/05/fungsi-protein-bagi-tubuh-manusia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Fandi Adhitya - Kamis, 02 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia"

Posting Komentar