Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan

Perubahan Lingkungan dan Faktor-Faktor Penyebabnya - Beberapa hari yang lalu admin KLU IC telah mengulas tentang Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia, kali ini saya akan membahas tentang Faktor-faktor Penyebab Perubahan Lingkungan. Beberapa tahun belakangan ini memang musim sulit ditebak dan lingkungan pun turut merasakan dampaknya. Lingkungan kita berubah kearah yang lebih buruk dan mulai mengalami kerusakan. Namun apakah anda tahu apasaja kah Faktor-faktor Penyebab Perubahan Lingkungan? Silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan KLU IC


Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan

1. Berkurangnya Luas Hutan

Beberapa penyebab yang menyebabkan luas hutan dibumi semakin berkurang antara lain:

a) Penebangan liar. Setiap tahun berton-ton kayu di hutan Indonesia ditebang untuk keperluan industri. Ini tentu menyebabkan areal hutan terus menciut.

b) Kebakaran hutan. Walau kebakaran hutan adalah faktor alam, namun ternyata dampaknya sangat merugikan bagi lingkungan karena akan terus mengurangi luas hutan dibumi.


2. Meningkatnya pencemaran
Semakin maju teknologi yang digunakan dan semakin meledaknya populasi manusia, maka akan meningkat pula tingkat pencemaran dibumi ini. Hal ini terjadi karena terus bertambahnya limbah yang dihasilnya dari kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun percemaran dibagi menjadi beberapa macam, misalnya pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, pencemaran suara.
 
-Macam-macam pencemaran
Berikut adalah macam-macam percemaran:

a) Pencemaran Tanah
Tanah merupakan sumber daya alam (SDA) yang mendukung pertumbuhan tanaman. Ketersediaan zat organik, anorganik, serta mikroorganisme akan menentukan kesuburan tanah. Pencemaran tanah diakibatkan oleh bahan-bahan kimia seperti sterofoam dan plastik.

b) Pencemaran air
Pencemaran air atau dikenal dengan istilah deuterofikasi diakibatkan karena bahan kimia seperti pupuk dan limbah yang terkontaminasi kedalam air. Jika pupuk masuk ke air, makan akan menyuburkan tanaman seperti eceng gondok. Jika pestisida yang masuk ke dalam air, maka akan menyebabkan kematian organisme-organisme air.

c) Pencemaran udara
Pencemran udara dapat terjadi akibat pembakaran munggunakan bahan bakar fosil, misalnya asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan lain-lain. Pembakaran yang tidak sempurna juga dapat menghasilkan gas CO(karbonmonoksida) yang bersifat racun bagi manusia, karena gas CO lebih mudah berikatan dengan hemoglobin, daripada Oksigen.

Mungkin sekiranya sekian yang dapat admin KLU IC ulas tentang Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan. Jika sekiranya ada yang kurang mohon ditambahi di kotak komentar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Title Post: Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Fandi Adhitya
Terimakasih sudah berkunjung di KLU IC, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info Menarik dengan judul Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kluic.blogspot.com/2013/05/faktor-faktor-penyebab-perubahan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Fandi Adhitya - Kamis, 30 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Lingkungan"

Poskan Komentar